Abstract
Penelitian ini berdasarkan permasalahan: Apakah
Layanan Informasi format klasikal dengan metode bercerita tentang gambar dapat
meningkatkan keberanian siswa bertanya di kelas VIII A SMP Negeri 1 Ambulu Jember. Sedangkan tujuan dari
penelitian ini adalah: untuk meningkatkan keberanian siswa bertanya dari 33 %
menjadi 66 %
melalui layanan Informasi format klasikal dengan metode bercerita tentang gambar di kelas
VIII A
SMP Negeri 1 Ambulu Jember semester Genap Tahun Pelajaran 2013-2014. Penelitian ini
menggunakan penelitian jenis Penelitian
Tindakan Kelas yang terdiri 4 tahapan yaitu : Perencanaan, pelaksanaan,
Observasi dan refleksi. Sasaran penelitian ini
adalah siswa SMP Negeri 1 Ambulu Jember kelas VIII A sebanyak 36 siswa. Data yang diperoleh
berupa data dari hasil observasi perilaku siswa pada jam pelajaran berlangsung, angket
(pertanyaan tentang kebiasaan siswa saat mengikuti pelajaran, apakah berani bertanya
atau tidak), dan dokumentasi. Dari hasil analis didapatkan
bahwa keberanian siswa bertanya mengalami peningkatan
dari siklus I sampai siklus II yaitu, siklus I 48% (17 siswa) dan siklus II 78 % ( 28 siswa). Simpulan dari penelitian ini
adalah layanan informasi
format klasikal dengan metode bercerita tentang gambar dapat meningkatkan
keberanian siswa bertanya pada saat proses layanan informasi dilaksanakan dan
atau pada saat proses belajar mengajar di kelas VIII A SMP Negeri 1 Ambulu pada
semester Genap Tahun Pelajaran 2013/2014
Keyword
Layanan Informasi, Format Klasikal, Metode Bercerita tentang Gambar, Keberanian Bertanya
Jurnal JP3 berisi artikel-artikel hasil penelitian mahasiswa STKIP PGRI LUMAJANG.
Jurnal JP3 dipublikasikan sebanyak dua kali setiap tahun oleh STKIP PGRI LUMAJANG.
Untuk informasi lebih lanjut, silakan menghubungi redaksi jurnal.